Keseruan di Indocomtech 2023! OTN 2023: Digital Literacy for Future

Halo, perkenalkan, nama saya Antares Radja Aditama dari SMP Labschool Jakarta, biasa dipanggil Ares. Salah satu hobi saya yakni menulis, yang pada awalnya saya hanya menulis di buku catatan harian saya sebatas untuk diri saya sendiri, namun sekarang kalau dipikir-pikir, tulisan saya mungkin bisa bermanfaat bagi banyak orang. Saat saya berada di kelas 8 SMP, saya dikenalkan blog oleh Pak Wijaya Kusuma atau biasa dikenal Omjay yang merupakan guru TIK di SMP Labschool Jakarta. Selama proses pembelajaran, Omjay  selalu memberikan tugas untuk membuat blog. Saya rasa ini sangat berguna karena dengan cara menulis dan merangkai kata-kata sampai menjadi paragraf, dapat lebih memahami apa yang dipelajari, tidak hanya dengan membaca tetapi juga dengan menulis. Akhirnya hobi saya ini dapat disalurkan melalui membuat blog dan  dibaca oleh banyak orang melalui blogging dan saya  mendapatkan kesempatan mengikuti lomba menulis blog OTN 2023.

Proses kontes mengharuskan Anda menulis blog dengan tema 'Literasi Digital untuk Masa Depan'.
Saya menulis blog  berjudul “Indonesia Emas 2045: Selamat Datang Literasi Digital”.
Blog ini bisa dibaca langsung di link:
https://antaresradjaa.blogspot.com/2023/10/indonesia-emas-2045-pengongsong.html
Pada blog ini, saya akan membahas mengenai kemampuan literasi digital yang ada pada masyarakat Indonesia. Saya membahas ini secara rinci berdasarkan data-data yang ada. Nantinya para finalis akan hadir di ICE BSD pada saat kegiatan Indocomtech 2023.

Saya pergi ke ICE BSD dimana OTN 2023 akan diselenggarakan bersama guru TIK saya Pak Ramli, menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta dan KRL. Transportasi umum di Jabodetabek sudah maju dan nyaman. Saya berharap dengan dukungan pemerintah pusat, wilayah lain di Indonesia juga memiliki transportasi umum yang memadai untuk konektivitas antar masyarakat.




Sesampainya di ICE BSD, saya langsung menuju venue untuk mengikuti kegiatan OTN 2023 dan terus melihat-lihat kiri kanan, dipenuhi benda-benda canggih yang dapat menyongsong kehidupan  masa depan. Sebagai individu, kita perlu mendukung keterampilan digital seperti berpikir kritis untuk menghadapi apa yang mungkin  terjadi  di masa depan akibat perkembangan teknologi. Di sana banyak stan-stan yang menjual banyak barang elektronik, mulai dari peralatan gaming, TWS, sampai dengan alat-alat untuk mendukung pekerjaan. Selain itu, terdapat juga lomba robotik untuk adik-adik sd yang mengedukasi juga mengasyikan mengenai seberapa besar peran teknologi dalam hidup kita saat ini dalam berbagai bidang.


Setelah berkeliling, acara OTN 2023 pun dimulai dan langsung peserta menulis blog maju ke atas panggung untuk ditanya-tanya seputar validitas tulisannya masing-masing. Saya pun diberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai blog yang saya tulis dan bagaimana cara saya memblog. Kunci dalam membuat blog sebenarnya sederhana, yakni dengan rumus 5W 1H (What, Who, When, Where, Why, and How) diiringi niat dan usaha, pasti bisa.

Setelah itu, kegiatan pun ditutup dengan sedikit arahan dari Omjay dan Bu Endang selaku dan foto bersama. Selesai sudah kegiatan pada OTN 2023 di Indocomtech... bercanda, ternyata besok ada lagi dan akan lebih seru dibanding hari ini.

Terima kasih!
Semoga Bermanfaat!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Emas 2045: Penyongsong Literasi Digital

Minat Remaja Indonesia ke Museum Rendah! Ada Penyebab dan Solusinya...

Kelanjutan Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B untuk Konektivitas Jakarta