Kelanjutan Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B untuk Konektivitas Jakarta

 


Waktu terus berjalan dan tak terasa kalau sudah dipenghujung tahun 2024, sampai-sampai begitu cepat pembangunan yang terus berlangsung di Jakarta. Mulai dari pengembangan transportasi umum yang terus berkembang pesat dengan fasilitas yang memuaskan bagi pengguna nya dan murah. Hal ini membuat aku sekarang kalo pulang sekolah naik TJ (Transjakarta) sampai Halte Pemuda Rawamangun, dan lanjut naik LRT Jakarta dari Stasiun Velodrome lalu turun di Stasiun Boulevard Utara. Naik transportasi umum menghemat banget ongkos buat pulang ke rumah dibanding langsung dari sekolah.

LRT Jakarta sebelum nya sudah ada fase 1A pada tahun 2019 yang menghubungkan Kelapa Gading sampai dengan Rawamangun, dan sekarang dilanjutkan lagi sampai dengan Manggarai di fase 1B. Pengamatan ku mengenai LRT Jakarta sekarang adalah masih sepi, ini bisa dimaklumi karena rute nya masih pendek. Banyak juga teman-teman smp ataupun sma yang pulang sekolah naik LRT Jakarta, kalo hari Sabtu Minggu itu, banyak keluarga yang mau jalan-jalan ke Mall Kelapa Gading (MKG) yang naik LRT Jakarta dulu dari Stasiun Velodrome, karena turun Stasiun Boulevard Utara itu langsung depannya MKG.


Pembangunan LRT Jakarta fase 1B ini diresmikan pada tanggal 30 Oktober, 2023 dan ditargetkan selesai pada tahun 2026. Dalam proses pembangunan nya, proyek LRT Jakarta fase 1B memiliki tujuan yakni, untuk menciptakan moda transportasi ramah lingkungan, efisien, dan terintegrasi untuk menghubungkan konektivitas di DKI Jakarta dalam menunjang produktivitas masyarakatnya.

LRT Jakarta fase 1B memiliki panjang 6,4 kilometer dan akan terdiri dari lima stasiun, yaitu Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai. Dengan adanya LRT Jakarta fase 1B, waktu tempuh dari Kelapa Gading ke Manggarai hanya akan memakan waktu 26 menit. Selain itu, LRT Jakarta fase 1B juga akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, seperti KRL, MRT, Transjakarta, dan bus antarkota. Salah satu dari stasiun yang akan dibangun adalah stasiun Pemuda Rawamangun, yang pada saat aku pulang ataupun lewat JPO, aku mikir "Ini mau ditarok di mana Stasiun Pemuda Rawamangun, padahal dah padet banget Jl. Pemuda. Apa ditarok di depan Labschool ya...". Emang kalo gini, pelarian pikiran ku ya dengan cara ngobrol atau dengan menulis blog seperti ini, sekalian latihan dan belajar terus penggunaan EYD.
Harapnku, LRT Jakarta fase 1B menjadi tonggak sejarah dalam upaya pembangunan infrastruktur perkotaan di seluruh Indonesia yang berkelanjutan dan modern. Proyek ini bukan hanya sebagai sarana transportasi, tetapi juga sebagai simbol kemajuan dan kemandirian Jakarta dalam menciptakan kota yang lebih baik untuk generasi mendatang yang dapat di imitasi oleh daerah-daerah lain untuk membangun moda transportasi umum.

Terima Kasih! Semoga Bermanfaat!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Emas 2045: Penyongsong Literasi Digital

Minat Remaja Indonesia ke Museum Rendah! Ada Penyebab dan Solusinya...